Kisruh Asal Muasal Covid-19, WHO Diminta untuk Selidiki Spanyol, Ada Apa ?

- 6 Juli 2020, 16:18 WIB
Ilustrasi pandemi Covid 19 //pixabay

FIXJAMBI.COM – Permulaan wabah global Covid-19 menjadi perdebatan hangat. Ketika dunia mengarah ke Wuhan sebagai tempat awal munculnya pandemi Covid-19, Tiongkok secara sensasional menajamkan mata ke Spanyol yang menjadi awal munculnya pandemi ini.

Faktanya Tiongkok telah lama diduga dan diidentifikasi sebagai pusat virus mematikan yang saat ini telah mencatat 532.8834 kematian di seluruh dunia.

Dalam beberapa hari ke depan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan memulai misi pelingkupan di Beijing untuk menetapkan penyebab wabah tersebut.

Baca Juga: Indonesia Alami Kemajuan, Kini Peringkat 9 Kasus Covid-19 Se-Asia Tenggara

Sebagaimana dikutip FIXJAMBI.COM dari laman Express, menjelang misi penting itu, salah satu peneliti top asal Tiongkok, Wang Guangfa bersikeras meminta agar WHO juga harus pergi ke Spanyol.

Pejabat senior Tiongkok itu mereferensikan peneliti di Barcelona yang menyatakan mereka mendeteksi Covid-19 dalam 'air limbah' pada Maret 2019 lalu.

"Tidak masalah dari negara mana pekerjaan identifikasi ilmiah dimulai, asalkan melibatkan semua negara terkait dan dilakukan dengan adil," ujar Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok, Zeng Guang.

Baca Juga: ASN, TNI, Polri Siap-Siap Terima Gaji ke 13, Segera Cair!

Dia juga menambahkan kehadiran Covid-19 dalam sampel di Ibu Kota Catalan, Barcelona sembilan bulan sebelum penyakit ini pertama kali dilaporkan di Wuhan, Tiongkok menunjukkan potensi asal wabah yang berbeda.

Sejauh ini penelitian dan perburuan informasi hanya berpusat di sekitar Pasar Grosir Makanan Laut Huanan, Wuhan, Tiongkok.

Halaman:

Editor: Rizki Saputra

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X