Di Tengah Berbagai Konflik, Tiongkok Justru Jalin Kerjasama dengan Arab Saudi

- 9 Juli 2020, 21:03 WIB
Ilustrasi kerja sama antara Tiongkok dan Arab Saudi //PIXABAY

FIXJAMBI.COM - Beberapa waktu lalu konflik Hongkong dengan Tiongkok dan Taiwan semakin kisruh di tengah pandemi Covid-19. Namun, disela-sela keributan tersebut justru kini Tiongkok sedang gencar mempererat kerjasama dengan negara lain.

Sebagaimana dilansir FIXJAMBI.COM dari Warta Ekonomi, salah satu negara yang jadi target baru kerjasama adalah Arab Saudi. Negara dengan penduduk muslim terbesar ini telah mengumumkan kepada publik bahwa telah menggelar KTT yang rencananya dilakukan dengan Tiongkok.

Harapannya tidak lain adalah untuk mempererat kerjasama antar keduanya. Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan mengungkapkan kerjasama meningkat dengan kekuatan dan keragaman setiap hari.

Baca Juga: Kembali Bertambah, Satu Warga Muaro Jambi Positif Covid-19

"Ini adalah kerjasama saling menghormati prinsip hukum dan norma internasional, kedaulatan dan kemerdekaan negara, komitmen resolusi untuk damai dari konflik, serta keinginan memperkuat kerjasama khususnya untuk masyarakat Tiongkok dan Arab Saudi," ungkapnya.

Pangeran Faisal juga menambahkan bahwa upaya bersama dalam menghadapi Covid-19 juga jadi salah satu buah hasil kerjasama. Tanggal pelaksanaan KTT ungkapnya akan segera diumumkan setelah kedua negara menentukan waktu dan menyepakati pengaturannya.

Baca Juga: Lebih Ampuh dari Jaran Goyang, Sihir hingga Kolesterol Minggat

Rencananya, tuan rumah dari pergerakan KTT Bilateral tersebut adalah Arab Saudi. Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian mengatakan ada tiga poin dokumen yang dicapai dari kesepakatan forum.

Pertama, pernyataan solidaritas bersama untuk masalah covid-19 antara negara-negara Arab dan Tiongkok.

Artikel ini sebelumnya tayang pada portaljember.pikiran-rakyat.com dengan judul: Di Tengah Berbagai Konflik, Tiongkok dan Arab Saudi Justru Makin Lengket Kerjasama

Halaman:

Editor: Rizki Saputra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X