Keputusan Amerika Serikat Segera Haramkan Aplikasi TikTok

- 2 Agustus 2020, 00:22 WIB
ILUSTRASI aplikasi TikTok. / /PIXABAY

FIXJAMBI.COM – Kabar bahwa Amerika Serikat akan memblokir aplikasi TikTok sudah beredar sejak bulan lalu.

Saat itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat menyampaikan akan mempertimbangkan kembali terkait pemblokiran aplikasi tersebut.

Bukan tanpa alasan, AS melakukan pemblokiran karena terbukti bahwa aplikasi TikTok menyalahgunakan data para pengguna TikTok. Ditambah lagi hubungan AS dan China sedang memburuk.

Tak ayal Trump segera memutuskan untuk segera memblokir aplikasi TikTok agar Bytedance China tak dapat mengumpulkan data pribadi AS lagi.

Baca Juga: Balas Amerika, China Turunkan Bendera AS di Konsulat Chengdu

Dilansir dari BBC News London, Donald Trump mengkonfirmasi bahwa AS akan melakukan pembloiran aplikasi TikTok dan akan menandatangani perintah ekslusif pada Sabtu 1 Agustus 2020.

“Perusahaan TikTok, kami melarang Amerika Serikat”, tuturnya kepada wartawan di Air Force One.

Keputusan Trump melakukan pemblokiran TikTok adalah didukung oleh adanya kekhawatiran antara administrasi AS dan pemerintah China atas sejumlah masalah termasuk soal sengketa perdagangan dan respon China terhadap Virus Corona.

Selain itu, India juga telah melarang dan memblokir aplikasi TikTok bersama dengan sejumlah program China lainnya setelah pertempuran perbatasan dengan China yang terjebak dalam perseteruan Geopolitik.

Baca Juga: Masa Pandemi Covid-19, Inggris Larang Anak-anak Gunakan Masker, ini Alasannya

Halaman:

Editor: Rizki Saputra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X