Wisuda Online, Mahasiswa ini Lakukan Cara yang Berbeda Menikmati Momentum Wisuda

- 29 Juni 2020, 19:00 WIB
Mahasiswa Universitas Jambi, WIsuda online di alam terbuka, Sabtu 27 Juni 2020

FIXJAMBI.COM – Universitas Jambi untuk pertama kalinya melaksanakan wisuda secara daring di tahun 2020. Mahasiswa yang terdaftar sebagai wisudawan berjumlah 1526 orang yang diselenggarakan pada Sabtu, 27 Juni 2020. Pelaksanaan wisuda ini sempat menjadi polemik antar mahasiswa. Bagaimana tidak, pelaksanaan upacara wisuda hanya diwakilkan oleh beberapa lulusan terbaik dari masing-masing fakultas yang ada di Universitas Jambi.

Putusan yang terkesan kurang bijak ini jelas melukai hati mahasiswa yang hanya mendapatkan kesempatan mengikuti wisuda secara online dengan cara menonton channel youtube milik Universitas Jambi.Tidak banyak mahasiswa yang menerima putusan ini dengan legowo dan ikhlas. Salah satunya adalah Tri Alipah Mustari, peserta wisuda online jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Hukum (FH).

“Sebagai solusi terbaik saat Pandemi seperti ini adalah wisuda online, hal yang dirasakan tiap mahasiswa tentu berbeda. Saya termasuk orang yang menganggap wisuda sebagai seremonial saja. Terlebih karena rumah juga jauh jadi butuh biaya yang cukup besar. Saya juga tidak keberatan tapi malah bersyukur, karena hemat biaya. Foto wisuda bisa dilaksanakan kalau ijazah sudah dapat”, tuturnya melalui wawancara via Messenger.

Baca Juga : Tumpahkan Rindu lewat Puisi akan Membuat Rindumu Sembuh Paripurna

Berbeda dengan Irwan Aditama, peserta wisuda online jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), yang justru melaksanakan wisuda online di tempat terbuka. Tidak tanggung-tanggung, Irwan memilih tempat wisata alam di Bukit Kerinci sebagai tempat merayakan momentum sakral itu bersama beberapa peserta wisuda online lainnya. Hal ini ia lakukan agar kalbu tidak merasa pedih akibat kehilangan momentum wisuda.

“Ini menjadi pengalaman terbaru bagi mahasiswa. Melihat kondisi yang kurang mendukung seperti ini membuat kami harus legowo. Sejujurnya memang keberatan karena wisuda merupakan agenda terakhir mahasiswa untuk merayakan keberhasilan, ditambah kebijakan rektor yang tumpang tindih membuat mahasiswa bingung. Untuk itulah saya dan teman-teman lainnya memilih alam terbuka seperti di bukit ini untuk melakanakan wisuda agar terkesan berbeda dan sekaligus melakukan eksplor alam. Agar lebih asik dan khidmat aja, biar terasa momentum wisudanya, yang pastinya seru juga”, Ujar Irwan.

Makna wisuda tiap orang tentu berbeda beda. Ada yang beranggapan bahwa wisuda adalah ajang untuk menyampaikan rasa bangga orang tua terhadap anaknya. Ada pula yang beranggapan bahwa wisuda adalah kado sebagai bentuk terimakasih anak kepada orang tuanya. Ada yang menganggap wisuda hanyalah ajang seremonial biasa.

Apapun bentuk maknanya, jangan lupakan hal penting setelah wisuda, yakni megemban tanggung jawab sebagai seorang sarjana jauh lebih berat ketimbang ditinggal pacar pas lagi sayang sayangnya. Selamat wisuda semoga berkah dan bermanfaat gelar sarjananya.*** (Dewi Pratiwi Sukma).

Editor: Rizki Saputra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X