Dosen PAI Universitas Jambi Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah di Masjid Nuruddin

- 11 Juli 2020, 17:00 WIB
Pengabdian masyarakat oleh Dosen PAI Universitas Jambi di Masjid Nuruddin, 11 Juli 2020 /Hai//

FIXJAMBI.COM - Dosen PAI Universitas Jambi (UNJA) dalam rangka pelaksanaan Pengabdian pada masyarakat menyampaikan materi dan pelatihan tentang bagaimana mengurus jenazah. Mulai dari memandikan, mengkafani, menyolatkan hingga menguburkan.

Pelatihan ini diberikan kepada Pengurus dan anggota Persatuan Kematian Masjid Nuruddin (PKMN) di Kampung Danau Sipin Kel. Legok Kec. Danau Sipin Kota Jambi. Mengingat masih berada pada masa pandemi Covid-19, maka pelatihan dilaksanakan dengan peserta yang terbatas.

Ketua Pengurus Persatuan Kematian Masjid Nuruddin (PKMN) Danau Sipin, ust. Jufri Afriansyah, S.Pd.I menyampaikan terima kasih kepada pihak UNJA dan mengatakan bahwa mereka merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Karena saat ini semakin sedikit orang yang mau dan bisa melaksanaan pengurusan jenazah terutama memandikan dan mengkafaninya. Oleh karena itu apa yang dilaksanakan oleh tim dosen PAI UNJA dalam pengabdian kepada masyarakat ini dapat menjadi motivasi juga bagi masyarakat untuk mau belajar dan berperan dalam pengurusan jenazah khususnya bagi pengurus dan anggota Persatuan Kematian Masjid Nuruddin (PKMN).

Baca Juga: Angka Perceraian Meningkat, Berikut Tiga Pilar Ketahanan Keluarga Menurut Islam

Baca Juga: Viral! Beredar Video Pria Lontarkan Ucapan 'Perempuan Harus Tinggal di Rumah', Dicari Pemerintah

Sementara itu, ketua tim pengabdian masyarakat Universitas Jambi, Dr. Supian, S.Ag., M.Ag mengatakan bahwa kegiatan ini awalnya direncanakan dengan mengumpulkan seluruh pengurus dan anggota Persatuan Kematian Masjid Nuruddin, namun karena keadaan sedang dalam masa pandemi Covid-19, maka dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada beberapa jama’ah dan pengurus serta anggota Persatuan yang ditunjuk untuk mengikuti pelatihan ini dengan mengikuti protokol kesehatan.

Lanjutnya, Dr. Supian juga menyampaikan harapannya, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat dan hal ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang dilaksanakan oleh Tim pengabdian masyarakat  Universitas Jambi. Pengabdian masyarakat ini beranggotakan tiga orang Dosen PAI Universitas Jambi, yakni, Dr. Supian, S.Ag., M.Ag, Sahrizal Vahlepi, S.Pd.I., M.Pd.I dan Helty Asafri, S.Pd., M.Pd.*** (Kemas Abdul Hai)

Editor: Rizki Saputra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X