Selamat Hari Dokter Nasional 2020: Terima kasih Dokter!

- 24 Oktober 2020, 13:09 WIB
Lambang Peringatan Hari Dokter Nasional 2020 /Dewi Pratiwi/Twitter.com/@PBIDI

FIXJAMBI.COM – Indonesia tengah memperingati Hari Dokter Nasional 2020 yang diperingati setiap tanggal 24 Oktober setiap tahunnya. Hari Dokter tentu tak jauh-jauh hubungannya dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dokter telah berupaya menyelamatkan jutaan nyawa rakyat Indonesia. Terlebih lagi Indonesia tengah menghadapi Covid-19. Tentu, Dokter akan menjadi garda terdepan untuk melawan virus tersebut.

Baca Juga: Siap Produksi Vaksin Covid, Bio Farma Sanggupi Produksi 17 Juta Dosis Per Bulan

Peringatan Hari Dokter Indonesia sendiri telah dilakukan sejak tahun 1950. Dilansir dari situs resmi IDI, seluruh Dokter Nusantara membentuk kelompok yang dinamakan Vereniging van Indische Arsten pada tahun 1911. Kemudian berubah nama menjadi Vereniging van Indonesische Genesjkundigen (VIG).

Pada tahun 1940, VIG mengadakan kongres di Solo yang dipimpin oleh Prof. Bahder Djohan untuk memikirkan istilah baru dalam dunia kedokteran.

Baca Juga: Waspada! Norovirus Sudah Menyebar, Ini Gejalanya Yang Harus Kamu Tahu

Pada tahun 1943, VIG dibubarkan dan sempat berubah menjadi Jawa izi Hooko-Kai. Tahun 1950, seluruh Dokter Indonesia kembali berkumpul dalam Muktamar Dokter Warganegara Indonesia (MDWI) yang diketuai oleh Dr. Bahder Djohan.

Pada tanggal 25 September 1950, Muktamar pertama Ikatan Dokter Indonesia (MIDI) melahirkan ketua umum IDI pertama, Dr. Sarwono Prawirohardjo.

Baca Juga: Kesembuhan Pasien Covid-19 Bisa Dipengaruhi Suara Orang Terdekat? Ini Penjelasan Dosen Psikologi UI

Dalam masa genting Covid-19, masyarakat Indonesia meramaikan Peringatan Hari Dokter Nasional melalui media sosial dan kompak mengucapkan terima kasih kepaa Dokter seluruh Indonesia atas dedikasinya untuk Indonesia.

Halaman:

Editor: Rizki Saputra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X