Perubahan UTBK di Tahun 2020, Ingat dan Catat! Empat Poinnya.

- 26 Juni 2020, 10:03 WIB

FIXINDONESIA.COM - Segala lini mengalami perubahan kebijakan sejak dilakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Termasuk dunia pendidikan ikut merombak kebijakan-kebijakannya. Semuanya dilakukan untuk mencegah sebaran virus Covid-19.

 Dalam rangka penyesuaian dengan kondisi pandemi saat ini. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pun menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan menggunakan metode hybrid.

 “Jadi karena mengutamakan kesehatan dan keselamatan, kita melaksanakan UTBK 2020 dengan metode Hybrid, yaitu menggabungkan berbagai macam dan metode. Disamping pola lama sudah kita rancang, tentu ada beberapa penyempurnaan dan antisipasi kalo ada kejadian yang mungkin tidak diinginkan di masa pandemi,” ujar Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih saat menggelar konferensi pers soal Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Rabu, 24 Juni 2020.

Baca Juga: Cek Kepribadianmu Sesuai dengan Hari Lahir

Dalam pelaksanaan UTBK 2020, terdapat 4 poin penting yang berbeda dari UTBK sebelumnya. Pertama, pelaksanaan UTBK hanya akan ada satu mata ujian saja berupa Tes Potensi Skolatik (PTS), yang dalam pengerjaannya akan diberi waktu sekitar 105 menit atau sekitar 1 jam 45 menit.

“Kalau tahun lalu bisa tiga jam, tahun ini cukup satu jam, ini berarti akan mengurasngi kontak antar pihak di dalam kelas, ini perubahan pertama yang cukup signifgikan,” ujar Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih saat menggelar konferensi pers soal Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pagi ini, Rabu (24 Juni 2020) di Channel Youtube LTMPT Official

Dalam artikel Fixindonesia berjudul "Catat! Empat Poin Perubahan UTBK di Tahun 2020" yang dikutip FixjambiNasih mengatakan, jika ditahun-tahun sebelumnya UTBK dilaksanakan sebanyak 4 sesi dalam satu hari, maka UTBK tahun ini akan dilaksanakan hanya 2 sesi saja guna menghindari aktifitas orang banyak.

“Bisa lebih nyaman tanpa rasa was-was, itu tujuan hanya dua sesi,” jelasnya.

Baca Juga: Pererat Silaturahmi, Danrem 042/Gapu Coffee Morning dengan Insan Media

Halaman:

Editor: Basith Patria


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X