P3DN, Hadapi Dampak Buruk Perekonomian Global, Gumiwang: Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

- 29 Juni 2020, 14:21 WIB
Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Maju, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si

FIXJAMBI.COM - Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), dalam hal ini pemerintah, ingin mengantisipasi dampak buruk dari perekonomian global di masa pandemi Covid-19. Salah satunya dengan memastikan belanja kementerian, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar mengutamakan produk nasional.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, di Jakarta, Minggu 28 Juni 2020.

“Penting bagi kita untuk segera menyiasatinya, seperti turunnya permintaan global terhadap produk-produk industri manufaktur,” tuturnya.

Agus menekankan pentingnya antisipasi terhadap kondisi perekonomian global yang kian dinamis, terutama akibat dampak pandemi Covid-19. Upaya pemerintah membangun permintaan pasar di dalam negeri. Melalui penyerapan produk lokal pun kian meningkat. Langkah stretegis yang dijalankan adalah menerapkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Baca Juga : Pemkot Jambi Pilih Kampanyekan Bersepeda Guna Lawan Covid-19

Masih terkait itu juga, pemerintah sesegera mungkin menjalankan instrumen pengendalian impor, antara lain melalui pembuatan dashboard supply-demand domestik untuk produksi industri dalam negeri. Upaya ini dilakukan dengan cara menerapkan safeguard, penguatan Standar Nasional Indonesia (SNI), dan implementasi larangan terbatas.

“Sangat penting untuk melindungi pasar dalam negeri dari serbuan produk impor. Selain itu, pada tahun 2022, kami berupaya untuk mewujudkan substitusi impor sebesar 35 persen untuk mendorong kemandirian industri nasional,” ungkap Agus.

Melalui upaya-upaya tersebut, Agus optimistis, Purchasing Manager’s Index (PMI) manufaktur Indonesia dapat kembali bangkit, seperti capaian pada Februari 2020 yang berada di level ekspansif sebesar 51,9.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Portal Pikiran Rakyat dengan judul : Antisipasi Dinamika Ekonomi Global, Agus Gumiwang : Penggunaan Produk Dalam Negeri Akan Ditingkatkan

“Apabila kondisi kedaruratan kesehatan sudah selesai dan vaksin untuk Covid-19 sudah ditemukan dan didistribusikan secara massal, kami yakin posisi PMI kita dapat rebound seperti semula,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rizki Saputra

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X