BPOM Amerika Himbau Warganya Tidak Gunakan 9 Produk Hand Sanitizer Asal Meksiko

- 30 Juni 2020, 08:48 WIB
Hand sanitizer

FIXJAMBI.COM Hand sanitizer  menjadi barang yang paling dicari selain masker di masa pandemi Covid-19. Beberapa waktu belakangan menjadi barang yang cukup langka dan juga sempat mengalami kenaikan harga jual.

Hal ini terjadi karena hand sanitizer mengandung bahan yang dapat membunuh kuman serta membunuh bakteri dan virus yang masih tersisa sehingga dapat mencegah infeksi virus Corona. Ini membuat orang-orang menyetok hand sanitizer dalam jumlah yang banyak.

Peluang ini tidak disia-siakan oleh perusahaan yang memproduksi hand sanitizer karena menjadi kebutuhan di masa pandemi ini. Keberadaannya pun sudah tidak langka seperti masa-masa awal penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Dibalik Rasanya yang Unik, Buah Genit ini Mampu Atasi Insomnia dan Galau

Belum lama ini, Food and Drug Adminisration (FDA)  atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOMAmerika Serikat, memberi peringatan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan produk hand sanitizier dari perusahaan yang berasal dari Meksiko.

Menurut FDA Amerika Serikat, hal ini dikarenakan produk hand sanitizer asal Meksiko mengandung metanol berupa zat beracun yang dapat mematikan ketika terserap melalui kulit.

Sebagaimana dilansir FIXJAMBI.COM dari web NYTimes.com pernyataan larangan penggunaan produk hand sanitizier yang disebutkan itu meliputi sembilan produk diantaranya yakni All-Clean Hand Sanitizer, Esk Biochem Hand Sanitizer, CleanCare NoGerm Advanced Hand Sanitizer, Lavar 70 Gel Hand Sanitizer, The Good Gel Antibacterial Gel Hand Sanitizer, Saniderm Advanced Hand Sanitizer dan tiga jenis CleanCare NoGerm Advanced Hand Sanitizer.

Baca Juga: Peringatan Harganas 2020, Pemprov Jambi Gelar Layanan KB Gratis

Peringatan ini hadir setelah dilakukannya pengujian beberapa sampel produk perusahaan dan ditemukan methanol dalam sampel yang telah diperiksa.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di pikiran-rakyat.com dengan judul: Kebutuhan Hand Sanitizer Meningkat saat Pandemi, BPOM Amerika Larang Gunakan 9 Produk dari Meksiko

Halaman:

Editor: Rizki Saputra

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X