Bantuan Dana Rp 1 Triliun buat Mahasiswa PTN dan PTS dari Pemerintah

- 4 Juli 2020, 10:06 WIB
Prof Dr Nizam /Ditjen Dikti Kemendikbud /

FIXJAMBI.COM - Dirjen Dikti Kemendikbud Prof. Dr. Nizam akan meluncurkan bantuan dana Rp 1 triliun bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Rencana tersebut mendapat dukungan penuh dari ASOSIASI Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Jawa Barat. Dalam perencanaannya bakal ada 441.000 mahasiswa yang akan menerima bantuan tersebut.

"Komitmen pemerintah ini disampaikan saat silaturahmi nasional yang diselenggarakan oleh ABPPTSI pusat dan Aptisi pusat secara daring melalui zoom meeting belum lama ini," kata Ketua ABPPTSI Jabar, Sali Iskandar

Baca Juga: Akhir Cerita Ahok dan Mantan Istrinya, Veronica Tan Sempat Minta Balikan

Tambah beliau, penyaluran bantuan seharusnya sepertiga dari bantuan tersebut diberikan ke mahasiswa PTN dan duapertiga diberikan ke mahasiswa PTS.

"Saat ini sudah tidak ada lagi dikotomi antara PTN dan PTS. Namun dalam kenyataannya seperti angin, tidak bisa dilihat tapi terasa adanya kepincangan bantuan PTN dan PTS," ujarnya.

Dalam pembagian kuota anggaran pemerintah yang diberikan kepada PTN lebih besar dari yang dibagikan kepada PTS sampai sekarang. "Padahal jumlah PTS di Indonesia hampir berjumlah 3.800 PTS. Di Jawa Barat saja ada 278 PTS yang tersebar di 27 kabupaten kota di Jawa Barat, sedangkan PTN di seluruh Indonesia tidak melebihi 300 PTN," ucapnya.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di portal pikiran-rakyat.com dengan judul: Mahasiswa PTN dan PTS Dapat Bantuan Dana Rp 1 Triliun dari Pemerintah

Demikian pula dengan jumlah mahasiswa pun di Indonesia hampir 7 juta mahasiswa, maka sepertiganya berada di PTN dan duapertiganya ada di PTS. "Dengan jumlah mahasiswa yang lebih besar di PTS, sehingga wajar apabila bantuan pemerintah untuk mahasiswa juga lebih besar untuk PTS," jelasnya.*** (Jang Rahmat)

Editor: Rizki Saputra

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X