Manfaat Bersepeda dan Tiga Prinsip Bikin Olahraga Kamu Berkualitas

- 29 Juni 2020, 16:08 WIB
Ilustrasi antusias masyarakat untuk bersepeda.

FIXINDONESIA.COM- Ketua Ikatan GOweser Unpad (IGO) sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unpad, Setiawan, mengatakan, olahraga bersepeda memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh.

Menurutnya, olahraga bersepeda termasuk olahraga aerobic, yang menggunakan sekelompok otot dalam waktu yang cukup lama. Sehinga memberikan dampak positif terhadap kardiorespiratori.

“Jenis olah raga ini baik untuk kardiorespiratori atau daya tahan atau kebugaran jantung paru. Dan itu physical fitness yang penting untuk kebugaran harian,” jelasnya kepada Fixindonesia, Senin 29 Juni 2020.

Dengan bersepeda, Lanjut Setiawan, akan membuat tubuh tidak mudah lelah saat beraktivitas. Terlebih, akan berdampak baik juga bagi saraf, otak dan organ tubuh lainnya.

Baca Juga: Insentif Jasa Pelayanan Dipotong, Pegawai RSUD Raden Mattaher Geruduk Kantor DPRD Provinsi Jambi

”Jadi kita tidak akan mudah merasa lelah, kita lebih fresh. Kemudian juga bersepeda itu baik bukan saja ke jantung paru, karena itu sirkulasi ya, jadi nanti bagus untuk organ tubuh kita secara luas. Fungsi saraf kita, otak kita, terus fungsi organ lain, jadi dampaknya kemana-kemana,” tuturnya

Kemudian, manfaat lainnya akan terasa pada kekutan otot endurance yang berfungsi sebagai penyangga badan. Sehingga akan bagus untuk fungsi otot yang menopang di daerah sendi lutut, yang selama ini di keluhkan kebanyakan orang akibat peradangan sendi.

Jika dibarengi dengan pola makan yang baik, kata Setiawan, olahraga yang saat ini banyak di gandrungi masyarakat tersebut, juga akan mampu mengurangi berat badan.

“Bisa juga kalau kita disertai dengan disiplin makan yang bagus, itu kordinasi yang baik untuk mengurangi berat badan,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Basith Patria


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X